Home >> Beragam Jenis Vitamin B Kaya Manfaat

Beragam Jenis Vitamin B Kaya Manfaat

Saturday, August 13th, 2016 | admin_alfianherbal | Uncategorized

Ketahui beragam jenis vitamin B kaya manfaat mulai dari sekarang!

Selamat datang di salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan distributor resmi penjualan obat herbal produk gren wolrd global. Green world adalah pusat penjualan obat herbal secara online terpercaya tersebar luas di penjuru tanah air. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi beragan jenis vitamin B kaya manfaat. Mungkin orang tahunya vitamin B saja tidak tahu manfaatnya, nah disini kami akan mengulas tentang vitamin B. Simak uraian di bawah ini.

Anda mungkin sering mendengar vitamin B. Uniknya dari vitamin B adalah ada banyak jenis vitamin B yang bermanfaat bagi tubuh. Vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6 atau vitamin B12 mungkin sering Anda dengar. Sebenarnya, ada 8 jenis vitamin B yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Apa saja jenis dari vitamin B? Berapa banyak yang dibutuhkan? Apa saja manfaatnya bagi tubuh? Dan sumber makanan apa yang mengandung jenis vitamin B?

Beragam Jenis Vitamin B Kaya Manfaat

Jenis vitamin B ada delapan, yaitu vitamin B1 (thiamine), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (pantothenic acid), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B7 (biotin),vitamin B9 (folic acid), dan vitamin B12 (cobalamin). Jika digabungkan, kedelapan zat ini dinamakan vitamin B kompleks. Kekurangan vitamin B menyebabkan berbagai penyakit. Itu sebabnya berbagai banyak multivitamin yang ada menyertakan variasi beberapa jenis vitamin B yang disebut vitamin B-kompleks. Berikut ini penjelasan mengenai jenisvitamin B.

beragam jenis vitamin B kaya manfaat

Berikut penjelasan lebih detail menngenai beragam jenis vitamin B kaya manfaat:

– Vitamin B1 (Thaiamine)

Selain menjaga sistem saraf anda tetap sehat, vitamin ini diperlukan dengan mengubah makanan yang anda konsumsi menjadi energi. Untuk mendapatkan manfaat itu. Anda bisa mengkonsumsi makanan kaya vitamin B1 seperti susu, telur, roti dari bijian-bijian utuh, buah-buahan segar, daging sapi, serta sayuran seperti kacang polong. Tiap harinya tubuh anda membutuhkan asupan vitamin B1 sebanyak 1mg untuk pria dan 0.8mg untuk wanita. Jumlah ini mudah didapatkan dari makanan sehari-hari sehingga biasanya tidak perlu untuk mengkonsumsi suplemen.

– Vitamin B2 (Riboflavin)

Ingin mejaga agar mata dan kulit tetap sehat? Cukupi kebutuhan harian vitamin B2 anda. Dosis konsumsi vitamin B 2 harian yang disarankan adalah 1.3mg untuk pria dan 1.1mg untuk wanita. Manfaat vitamin B2 lainnya adalah menjaga sistem saraf agar tetap sehat serta membantu mencerna karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan. Anda bisa mendapatkan vitamin B2 dari ikan, telur, sayur mayur, susu, atau nasi. Namun, jauhkan makanan tersebut dari paparan sinar matahari karena bisa merusak vitamin B 2 yang terkandung di dalamnya.

– Vitamin B3 (Niacin)

Vitamin ini juga bisa menjaga sistem saraf agar tetap bekerja dengan baik, menjaga kesehatan kulit dan mengubah makanan menjadi energi. Sumber terbaik vitamin B3 bisa ditemukan pada susu, kacang-kacangan, telur, ikan, ayam, dan daging sapi. Kebutuhan harian vitamin B3 adalah 17mg untuk pria dan 13mg untuk wanita.

– Vitamin B5 (Pantothenic Acid)

Vitamin ini mebantu pertumbuhan tubuh serta penting dalam produksi hormon, Selain itu makanan yang anda makan bisa diubah menjadi energi karena adanya vitamin B5. Vitamin B5 bisa ditemui pada makanan seperti kentang, daging sapi, telur, tomat, brokoli, daging ayam, dan beras merah.

– Vitamin B6 (Pyridoxine)

Vitamin ini mebantu membentuk hemoglobin yang mengedarkan oksigen dalam darah keseluruh tubuh. Selain itu vitamin B6 juga berperan dalam mengubah protein dan karbohidran dari makanan agar menjadi enegri. Sistem saraf, kardivakular, pencernaan, otot, dan beberapa dari bagian sistem imun pun terjaga dengan adanya vitamin ini di tubuh anda. Vitamin B6 bisa ditemui pada makanan telu, syur-syuran, kacang, susu, kentang, ikan, kacang panjang, pisang, dan daging ayam. Dosis harian konsumsi vitamin B 6 adalah 1.4mg untuk pria dan 1.2mg untuk wanita.

– Vitamin B7 (Biotin)

Vitamin ini memiliki peran penting dalam memecahkan lemak dan karbohidrat menjadi asam lemak dan glukosa untuk dijadikan tenaga bagi tubuh. Anda bisa mendapatkan vitamin B7 dengan mengkonsumsi pisang, wortel, salmon, sereal, hati dan kembang kol.

– Vitamin B9 (Folic Acid)

Vitamin B9 ini penting dalam memproduksi sel darah merah yang sehat. Selain itu, vitamin B9 juga membantu sel-sel tubuh dam pembuatan serta menjaga DNA. Lebih jauh pengonsumsian vitamin B9 saat hamil bisa menurunkan resiko bayi dalam kandungan anda terkena cacat sistem saraf pusat seperti spina bifidia. Dosis vitamin B9 yang dibutuhkan adalah 0.2mg per hari. Untuk ibu hamil atau berencana hamil, disarankan mengonsumsi suplemen B9 sebanyak 0.4mg per hari. Namun jika ada anggota keluarga yang pernah terkena spina bifidia di sarankan untuk mengonsumsi 5mg per hari.

Konsumsi suplemen ini sejak anda berhenti menggunakan kontrasepsi hingga usia kandungan setidaknya 3 bulan. Sumber vitamin B9 yang bisa ditemukan pada makanan adalah brikoli, banyam, kacang, kacang polong, dan buah-buahan sitrus (jeruk nipis, jeruk mandarin, dan lemon.

– Vitamin B12 (Cobalamin).

Vitamin ini penting dalam sel darah merah, memproses vitamin B9, mengubah makanan menjadi energi serta menjaga sistem saraf tubuh agar tetap sehat. Anda bisa menemukan vitaminB12 pada makanan adalah salmon, daging, susu, keju, dan telur. Dosis yang dasarankan untuk dewasa adalah 0.0015mg per hari.

Kekurangan Vitamin B

Jika tubuh ekurangan vuitamin B bisa menyebabkan berbagai kondisi sebagai berikut :

  • Anemia.
  • Kram Otot.
  • Kulit kering.
  • Mudah Lelah.
  • Depresi.
  • Penyakit beri-beri.
  • Rambut mengalami kerontokan.
  • Melemahnya sistem kekebalan tubuh.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Mati rasa dan kesemutan pada lengan dan kaki.

Nah, sekarang sudah tahu kan manfaat dari vitamin B, ternyata banyak juga ya. Apabila anda ingin hidup sehat konsumsilah vitamin B secara teratur. Demikian beragam jenis vitamin B kaya manfaat yang kami sajikan semoga bermnfaat bagi anda. Terimakasih sudah berkunjung di situs resmi kami.

Beragam Jenis Vitamin B Kaya Manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *