Home >> Gusi Berdarah

Gusi Berdarah

Thursday, July 28th, 2016 | admin_alfianherbal | Uncategorized

Cara Mengatasi Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya

Selamat datang di salah satu situs resmi milik alfian herbal yamg merupakan agen resmi produk green world pusat penjualan obat herbal secara online yang sudah terbukti khasiatnya dan tidak ada efek samping. Obat herbal green world ini sudah tersebar luas di penjuru tanah air, yang tejamin terjaga keamanannya. Kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yaitu gusi berdarah. Pasti semua orang pernah merasakan gusi berdarah baik ketika menggosok gigi maupun tiba-tiba muncul. Nah disini kami akan membahasnya, simak ulasan di bawah ini.

Gusi Berdarah

Gusi berdarah | Suatu ketika Anda sedang menyikat gigi ternyata terdapat darah yang bercampur dengan busa pasta gigi atau mungkin menempel pada sikat gigi, apa reaksi Anda? Darimanakah darah itu berasal? Itulah yang terjadi pada gusi berdarah. Seseorang yang mengalami hal ini, harus mengetahui apa saja penyebab gusi berdarah yang paling mungkin yang sedang dialaminya sehingga akan mempermudah dalam perwatannya serta dapat mengatasi dengan tuntas agar gusi berdarah tak terjadi lagi.

Gusi yang mudah berdarah adalah suatu dari sederet tanda-tanda radang gusi (gingivitis). Gingivitis biasanya di tandai dengan gusi bengkak, warnanya merah terang dan mudah beradarah akibat sentuhan ringan. Gusi merupakan salah satu bagian tubuh yang letak posisinya berada di atas gigi. Gusi akan berada pada atas gusi karena untuk menopang gigi dengan baik dan juga memiliki warna merah muda, karena menandakan jika aliran pada gusi berjalan dengan baik. Tekstur dari gusi tidak terlalu keras ataupun tidak terlalu lunak. Sama halnya dengan gigi, gusipun akan mengalami masalah jika tidak dijaga dengan baik, karena gusi juga merupakan salah satu organ tubuh yang harus di jaga dengan baik. Masalah yang paling umum atau yang paling sering dialami oleh banyak orang pada gusinya yaitu masalah gusi berdarah. Gusi berdarah menandakan jika gusi tidak sehat, masalah pada gusi tidak bisa di biarkan begitu saja karena bisa menjadi suatu penyakit yang dikenal juga dengan nama penyakit radang gusi.

Apa Penyebab Gusi Berdarah ?

Masalah gusi berdarah bisa jadi pernah dialami sebagian besar orang. Umumnya masalah ini disadari saat menyikat gigi. Namun, mungkin belum semua orang tahu apa sebenarnya penyebab dari gusi berdarah dan bagaimana cara penanganan yang tepat.

Gusi berdarah bisa disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab yang paling sering adalah adanya plak dan karang gigi (kalkulus) yang menempel pada permukaan gigi. Gigi kita dilapisi oleh lapisan transparan licin yang disebut pellicle. Pellicle yang dikolonisasi oleh bakteri disebut plak. Selanjutnya, bila tidak dibersihkan maka plak dapat mengalami mineralisasi (pengerasan) sehingga membentuk karang gigi yang melekat pada permukaan gigi. Biasanya karang gigi dijumpai pada leher gigi.

Karang gigi tidak hanya melekat pada permukaan gigi yang tampak (terletak di atas garis gusi) tapi juga dapat melekat pada permukaan gigi yang tertutup oleh gusi. Pada permukaan karang gigi biasanya juga terdapat koloni bakteri. Koloni bakteri pada plak dan karang gigi inilah yang mengakibatkan kerusakan jaringan penyangga gigi, yang dimulai dari gingiva (bagian gusi yang dapat kita lihat). Keadaan ini disebut gingivitis (radang gusi). Karena ada peradangan maka gusi menjadi mudah berdarah apabila terkena trauma mekanis, misalnya sikat gigi atau tusuk gigi. Jadi, gusi berdarah adalah tanda awal adanya kerusakan gusi.

gusi berdarah

Apabila tidak segera ditangani maka karang gigi dapat terus bertambah sehingga perlekatan gusi pada permukaaan gigi menjadi lepas dan terbentuk adanya kantung pada gusi (disebut periodontal pocket). Kondisi ini disertai juga dengan perdarahan gusi dan kerusakan tulang penyangga gigi. Akibatnya bila tidak segera ditangani gigi menjadi goyang dan akhirnya tanggal. Keadaan ini disebut periodontitis.

Penyebab gusi berdarah

Secara garis besar kita kelempokkan penyebab gusi berdarah menjadi dua kelompok, yaitu penyebab lokal dan penyebab sistemik.

Penyebab Lokal

Gusi berdarah penyebab lokal artinya gusi berdarah yang disebabkan oleh masalah lokal pada gigi dan gusi itu sendiri, antara lain sebagai berikut :

– Kebersihan Gigi dan Mulut yang buruk

Jika seseorang malas menggosok gigi maupun flossing maka akan mempermudah terbentuknya plak, tartar dan kalkulus (karang gigi) dari sisa makanan yang tertinggal pada gigi. Hal ini dapat membuat iritasi dan peradangan pada gusi. Peradangan bisa menyebabkan gusi mudah berdarah disamping itu juga dapat menyebabkan bengkak pada gusi.

– Trauma Pada Gusi

Hal ini dapat terjadi karena terlalu bersemangat menggosok gigi atau menggunakan sikat gigi berbulu keras yang dapat menimbulkan trauma pada gusi. Oleh karena itu kita harus menggunakan sikat gigi berbulu lembut dan mengganti sikat gigi paling lama setiap 3 bulan (namun tergantung kualitas sikat giginya).

– Gigi Miring atau Mal-posisi

Gigi miring atau posisi gigi yang tak semestinya akan membuat makanan mudah terjebak disana dan sulit untuk dibersihkan. hal ini biasanya terjadi pada gigi graham paling belakang. Jika tidak segeraa di atasi akan menyebabkna gusi disekitarnya menjadi meradang dan mudah berdarah.

– Penyakit Periodiontal

Radang gusi (gingivitis) yang tidak diobati dengan baik akan berpotensi menyebabkan penyakit periodontal dimana peraradangan menyebar ke jaringan dan tulangĀ  yang menyokong gigi. Selain berdarah bahkan mungkin juga terdapat nanah antara gusi dan gigi.

Penyebab Sistemik Gusi Berdarah

Yang dimaksud dengan penyebab sistemik adalah penyebab gusi berdarah karena masalah pada tubuh secara keseluruhan artinya bukan masalah loka seperti diatas, antara lain sebagai berikut :

– Kekurangan Vitamin C

Dalam istilah medis disebut Scurvy, terjadi ketika seseorang jarang makan buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya akan vitamin C. Scurvy ini menyebabkan gusi bengkak, sakit dan mudah berdarah.

– Kekurangan Vitamin K

Vitamin K ini merupakan faktor penting dalam proses pembebkuan darah. Oleh karena itu, jika kekurangan vitamin K tubuh akan memiliki kecenderungan mudah berdarah termasuk gusi.

– Perubahan Hormon Pada Wanita

Hal ini terjadi pada berbagai tahap kehidupan seorang wanita seperti saaat mencapai pubertas, kehamilan, fase post menopause. Perubahan hormon terutama saat hamil dapat membuat gusi lebih sensitif dan mudah berdarah.

– Gangguan Pembekuan Darah

gangguan pembekuan darah, seperti pada hemofilia, ITP (Idipatic Thrombocytopenic Purpura) dan leukemia, juga dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya gusi berdarah.

– Obat-obatan

Obat-obatan tertentu yang mem,iliki efek mengencerkan darah seperti warfarin, aspirin, dan hafirin jika digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan gusi berdarah.

– Kanker

Beberapa jenis kanker seperti leukemia ( kanker darah ) atau multiple myeloma ( kanker sumsum tulang ) dapat menyebabkan gusi berdarah.

Cara Mengatasi Gusi Berdarah

  • Menggunakan Obat Kumur

Cara mencegah gusi berdarah bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihan mulut gigi dan gusi. Untuk menjaga kebersihannya dan tidak hanya dengan menggosok gigi saja tetapi bisa dilakukakn dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur akan membuat kebersihan mulut setelah menggosok gigi, sehingga jika ada sisa kotoran yang tidak terangkat dengan baik bisa menyebbakna kebersihan baik pula. Oleh karena itu cara mengatasi gusi berdarah dengan baik menggunakan obat kumur.

  • Menjaga Kebersiha Mulut

Cara mencegah gusi berdarah bisa dilakukan salah satunya dengan menjaga kebersihan mulut. Untuk menjaga kebersihan mulut dengan cara salah satunya pastinya dengan menggosok gigi secar rutin dan teratur. Karena pemicu gusi berdarah bisa terjadi karena plak sisa makanan. Oleh karena itu cara mengatasi gusi berdarah yang tepat dengan mebersihkan gigi setiap harinya. Untuk membersihkan gigi yang baik dan sehat bisa dilakukan menggosok gigi tiga kali sehari atau minimal dua kali sehari dapat dilakukan juga.

  • Konsumsi Vitamin C

Cara mengatasi gusi berdarah bisa dilakukan dengan memberikan asupan vitamin pada mulut. Vitamin yang baik pada mulut bisa dari vitamin CĀ  karena dengan mengkonsumsi vitamin C secara teratur bisa dengan mengkonsumsi buah jeruk dengan buah lain yang mengandung vitamin C yang juga mencegah sariawan.

  • Rutin Melakukan Pemeriksaan

Bukan hanya dengan menjaga kebersihan mulut saja atau dengan menggosok gigi maupun mengkonsumsi vitami, tetapi cara mengatasi gusi berdarah juga bisa dilakukan melakukan perawatan mulut dengan pemeriksaan gigi untuk melihat kesehatan gusi dengan baik dan sehat.

Cara Mengatasi Gusi Berdarah Dengan Alami

Cara mengatasi gusi berdarah dengan alami adalah jenis herbal yang dapat menyembuhkan gusi berdarah. Banyak orang yang tidak nyaman dengan timbulnya masalah gusi berdarah. Masalah kesehatan mulut yang satu ini memang sanagat mudah menyerang. Ada banyak sekali penyebab gusi berdarah. Hal yang harus anda ketahui cara yang tepat yaitu dengan cara alami. Cara alami tidak memiliki bahay atau efek samping. Bahkan cara alami bisa membuat kesehatan gusi dan mulut anda semakin maksimal. Apabila anda ingin mengerti cara alami mengatasi gusi beradarah maka anda harus simak urain di bawah ini :

  • Lidah buaya

Tanaman ini sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan maupun untuk menjaga kecantikan. Lidah buaya memiliki banyak sekali sifat baik yang terkandung di dalamnya dan salah satunya adalah bisa mengurangi peradangan gusi yang menjadi penyebab utama dari gusi berdarah. Caranya dengan mengambil air lidah buaya dan kemudian oleskan pada bagian gusi yang berdarah lalu bilas sampai bersih.

  • Membersihkan gigi

Gusi berdarah diakibatkan oleh bakteri yang menempel pada gigi dan mulut. Jadi dianjurkan agar selalu menjaga kesehatan mulut dengan cara selalu menyikat gigi setiap hari dan flossing apabila diperlukan.

  • Konsumsi buah dan sayuran segar

Kedua makanan tersebut baik sekali untuk kesehatan gusi dan kesehatan tubuh secara umum. Makanan sehat yang kaya akan vitamin dan mineral bisa membantu meningkatkan sistem peredaran darah di gusi.

  • Berkumur dengan air garam

Perawatan yang sangat mudah untuk mengatasi penyakit gusi berdarah adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Caranya dengan mencampur air hangat dengan garam dan kemudian berkumurlah secara teratur. Selamat mencoba dan jagalah gigi dan gusi Anda agar tetap sehat secara alami dari sekarang.

  • Minyak cengkeh

Jenis minyak alami ini disinyalir bisa membantu mengurangi peradangan dan juga menghentikan pendarahan pada gusi. Caranya dengan mengambil sedikit minyak cengkeh dan kemudian gosokkan pada area gusi secara perlahan.

Anda tidak usah ragu lagi dengan cara mengatasi gusi berdarah yang sudah disebutkan. Itu karena semua cara tersebut memang aman dan mudah untuk anda lakukan. Bahan yang anda butuhkan untuk mengatasi gusi berdarah itu juga sangat mudah untuk anda lakukan di rumah. Jika sudah banyak yang sembuh dari gusi berdarah menggunakan cara tersebut mengapa anda tidak mencobanya. Semoga artikel kesehatan ini bermanfaat bagi para pembaca dan yang terakhir kami ucapkan Terimakasih banyak atas kunjunganya.

Gusi Berdarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *