Home >> Manfaat Bakteri Pada Yogurt

Manfaat Bakteri Pada Yogurt

Tuesday, August 30th, 2016 | admin_alfianherbal | Uncategorized

Ketahui manfaat bakteri pada yogurt yang belum anda ketahui.

Selamat datang di salah satu situs resmi milik alfian herbal, kami merupakan pusat penjualan obat herbal produk green world yang terpercaya dan tersebar luas di penjuru tanah air. Khasiat obat herbal produk green world yang aman di konsumsi sehingga tidak menimbulkan efek samping di dalamnya dan tidak mengandung campuran bahan kimia. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai kesehatan yang meliputi manfaat bakteri pada yogurt.

Yogurt merupakan salah satu produk hasil fermentasi susu yang paling tua dan cukup populer di dunia. Bentuknya mirip bubur atau es cream dengan rasa agak asam. Kata yogurt berasal dari bahasa Turki yaitu jugurt yang berarti susu asam. Itulah sebabnya samapi sekarang yogurt sering juga disebut susu asam.

Mulanya yogurt dibuat sebagai salah satu cara untuk mengawetkan susu. Yogurt dihasilkan melalui proses fermentasi, dimana bakteri baik atau probiotik melakukan serangkaian proses kimia yang menghasilkan fermentasi. Bakteri baik ini memiliki karakteristik yang sama dengan mikroorganisme yang menguntungkan sistem pencernaan. Yogurt yang mengandung bakteri hidup atau bakteri aktif bermanfaat bantu sistem pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bakteri dalam yogurt ini punya banyak manfaat yang secara langsung memberikan manfaat pada tubuh.

manfaat bakteri pada yogurtNilai Gizi Yogurt

Adanya bakteri yang mampu mengurangi protein susu yang menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana dan mudah dicerna mengakibatkan yogurt memiliki nilai gizi yang relatif lebih baik dibandingkan susu segarnya. Nilai gizi yang terkandung di dalam yogurt untuk setiap 100 gram antara lain:

  • Kandungan gizi zat energi 52 kkal
  • Kandunga gizi zat protein 3.3 g
  • Kandungan gizi zat lemak 2.5 g
  • Kandungan gizi zat karbohidrat 4.0 g
  • Kandungan gizi zat kalsium 120 mg
  • Kandungan gizi zat fosfor 90 mg
  • Kandungan gizi zat besi 0.1 mg
  • Kandungan gizi vitamin A 73 SI
  • Kandungan gizi vitamin B1 0.04 mg

Karena kandungan gizinya yang cukup lengkap, yogurt dapat dikategorikan sebagai salah satu makanan multifungsional, yaitu makanan yang berfungsi untuk mengatasi berbagai penyakit dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh .

Manfaat Bakteri Pada Yogurt

Fermentasi

Bila ditambah dengan susu atau krim hangat, bakteri yang ditemukan dalam yogurt bertambah menjadi 100 kali lipat. Penambahan jumlah bakteri ini menjadi tanda awal dari proses fermentasi yang berperan penting dalam fermentasi susu menjadi yogurt. Pada suhu lebih dari 37,78 derajat Celcius , bakteri akan menghasilkan yogurt, produk fermentasi susu yang memiliki miliaran bakteri dalam setiap sendok.

Rasa

Bakteri memberikan rasa asam pada yogurt, bakteri melepaskan enzim yang mengubah laktosa menjadi asam laktat. Enzim ini mengubah struktur laktosa susu menjadi asam laktat selama proses fermentasi.

Tekstur

Asam laktat yang dihasilkan oleh bakteri membuat struktur protein susu menjadi tidak stabil hal ini menyebabkan terjadinya proses yang membentuk struktur seperti gel. Selama proses inkubasi dimana bakteri berkembang, asam laktat menyebabkan susu mengental.

Kesehatan

Bakteri yang terdapat dalam yogurt memiliki struktur molekul yang mirip dengan mikroorganisme yang ditemukan dalam usus manusia, sehingga membantu tubuh mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan. Bakteri dalam yogurt juga membantu melindungi tubuh dari bakteri patogen yang dapat menimbulkan penyakit.

Itulah beberapa manfaar baktri pada yogurt yang kami sajikan untuk anda, semoga bermanfaat. Terimkasih sudah berkunjung di situs resmi kami. Salam sehat!!

Manfaat Bakteri Pada Yogurt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *