Home >> Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Wanita

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Wanita

Saturday, August 20th, 2016 | admin_alfianherbal | Uncategorized

Jumpa kembali di dalah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi produk green world pusat penjualan obat herbal terpercaya tersebar luas di penjuru tanah air. Kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi manfaat brokoli bagi kesehatan wanita.

Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italuca) Adalag tanaman sayuran yang termasuk dala suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokolo berasal dari daerah laut tengan dan sudah sejak masa Yunani Kuni dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama sekitar tahun 1970-an dan kini cukup populer sebagai bahan pangan. Begian brokoli yang di makan adalah kelapa bunga berwarna hijau yang tersusu rapat seperti cabang pohon dengan batang teba;. Sebagian besar kepala bunga tersebut di kelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun bokolo berwarna hijaun sedangkan kembang kol putih.Brokoli merupakan tanaman yang hidup dicuaca dingin.

manfaat brokoli bagi kesehatan

Manfaat brokoli bagi kesehatan wanita – Sebagai makanan, brokoli biasanya direbus atau dikukus, atau dapat pula dimakan mentah. Cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus. Hal ini bertujuan agar segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya tidak hilang selama proses pemasakan. Merebus brokoli akan menghilangkan sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya brokoli tidak direbus terlalu lama, kira-kira tidak lebih dari 5 menit. Brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane). Selain itu, brokoli mengandung senyawaan isotiosianat yang, sebagaimana sulforafana, ditengarai memiliki akttivitas antikanker.

Kandungan Nutrisi Brokoli

Brokoli termasuk sayuran yang rendah kalori dan bisa dikatakan sebagai makanan yang super. Mengapa disebut super? Karena selain populer sebagai bahan pangan, sayuran ini juga kaya akan berbagai kandungan gizi yang sangat bagus. Brokoli adalah sayuran dengan ranking tertinggi sebagai obat tradisional antikanker. Lalu, apa saja sih kandungan gizi dan khasiat sayuran brokoli?

1. Brokoli mengandung energi, karbohidrat,vitamin, dan mineral yang berguna bagi tubuh.

Jumlah Per 100 g

Kalori (kcal) 33

Jumlah lemak 0,4 g

Lemak jenuh 0

Lemak tak jenuh ganda 0 g

Lemak tak jenuh tunggal 0 g

Kolestrol 0 mg

Natrium  33 mg

Kalium 316 mg

Jumlah Karbohidrat 7 g

Serat pangan 2,6 g

Gula 1,7 g

Protein 2,8 g

Kalsium 47 mg

Zat besi 0,7 mg

Magnesium 21 mg

Vitamin A 623 IU

Vitamin C 89,2 mg

Vitamin D 0IU

Vitamin B6 0,2 mg

Vitamin B12 0 µg

2. Brokoli merupakan sayurang yang rendah lemak, kalori, sodiu, bebas kandungan lemak jenuh, tinggi kalium, dan mengandung kolestrol.

3. Sayuran yang paling baik tumbuh di daerah beriklim dingin dan tanah yang lembab ini merupakan sumber serat yang sangat baik. Kandungan serat dalam brokoli bahkan lebih banyk dari pada serat dalam roti gandum. Serat ini sangat baik untuk sistem pencernaan.

4. Brokoli juga mengandung asam folat. Folat merupak salah satu vitamin yang sangat baik dan bermanfaat bagi ibu hamil dan janin.

5. Kandungan vitamin C didalam bbrokoli sangat tinggi bahkan vitamin C yang terdapat dalam brokoli lebih tinggi dari kandungan vitamin C dalam sebuah jeruk. Vitamin C yang tinggi akan mempermudah tubuh dalam menyerap zat besi.

6. Kandungan kalsiumnya hampir setara dengan kalsium dalam segelas susu (71.8 mg kalsium brokoli sama dengan 120 ml kalsium susu).

7. Vitamin K yang terkandung dalam brokoli juga penting untuk menguatkan tulang dan membantu pembekuan darah.

8. Brokoli juga mengandung karoten dan lutein.

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Wanita

  • Mencegah kanker

Brokoli mengandung glucoraphanin, yang akan diproses oleh tubuh menjadi senyawa antikanker, sulforaphane. Senyawa ini berfungsi untuk mengusir bakteri yang ada di dalam tubuh Helicobacter pylori. Sebuah bakteri yang diketahui dapat meningkatkan resiko kanker lambung. Selain itu brokoli juga mengandung indole-3-carbinol, yaitu senyawa antioksidan dan antikarsinogen yang dapat mengahmbat pertumbuhan kanker prostat, kanker payudarah, kanker rahim, dan dapat meningkatkan fungsi hati.

  • Menjaga kesehatan mata

Brokoli juga dapat menjaga kesehatan mata. Brokoli merupakan sumber vitamin A yang di perlukan untuk membentuk retina. Selain itu, karotenoid lutein yang terdapat dalam brokoli bisa mencegah degenerasi makular terkait usia dan katarak, serta memilik efek anti kanker.

  • Menjaga kesehatan jantung

Manfaat brokoli untuk menjaga kesehatan jantung. Karotenoid lutein yang terdapat dalam brokoli bermanfaat untuk memperlambat atau mencegah penebalan arteri dalam tubuh, sehingga dapat memerangi penyakit jantung dan juga stroke. Vitamin B6 dan asam folat dalam brokoli dapat mengurangi aterosklerosis, radang pada pembuluh darah manusia.

  • Menjaga kesehatan tulang

Manfaat brokoli lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Brokoli mengandung kalsium dan vitamin K yang tinggi. Keduanya sangat penting bagi kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis.

  • Menjaga sistem kekebalan tubuh

Dalam secangkir brokoli mengandung beta-karoten yang tinggi, yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan mineral-mineral seperti seng dan juga selenium merupakan aktor utama yang menjaga pertahanan kekebalan tubuh.

  • Menjaga sistem saraf

Kandungan kalium yang tinggidalam brokoli membantu menjaga sistem saraf yang sehat serta fungsi otak yang optimal, dan mendorong perkembangan otot.

  • Melawan radikal bebas

Melawan radikal bebas

Brokoli mengandung vitamin C yang tinggi, antioksidan diperlukan untuk melawan radikal bebas. Selain itu, vitamin C merupakan antihistamin yang efektif untuk meringankan  flu yang menyerang.

Tips Memilih Brokoli

Untuk mendapatkan segala kandungan gizi yang baik dalam brokoli, pilihlah brokoli yang tidak berbau, dan tangkainya masih padat (tidak lembek). Jangan pilih brokoli yang kuntumnya (bagian atasnya) terbuka dan berwarna kuning/kekuningan karena multikhasiat brokoli justru terdapat di dalam warna hijaunya itu. Bagian kuntum brokoli ternyata memiliki kandungan beta karoten 8 kali lebih banyak daripada bagian batangnya.

Cara Pengolahan Brokoli

Sebelum diolah, brokoli harus dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dibilas dengan air dingin, tapi jangan direndam. Karena merendam brokoli dapat menghilangkan sebagian besar nutrisi yang terkandung di dalamnya. Agar vitamin yang terkandung dalam brokoli tidak hilang, sebaiknya brokoli dimasak sebentar saja, tidak lebih dari 5 menit. Lebih disarankan untuk mengukus brokoli daripada merebus, karena merebus brokoli akan menghilangkan sebagian nutrisi penting di dalamnya, yaitu 50% folat dalam brokoli akan hilang. Oleh karena itu, mengolah brokoli dengan cara dikukus jauh lebih baik untuk tetap mempertahankan manfaat positif dari sayuran ini. Namun, jika Anda tetap ingin memasak brokoli dengan cara direbus, gunakanlah air dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, dan rebuslah brokoli dalam panci tertutup agar tidak banyak vitamin yang terbuang lewat uap yang keluar selama proses perebusan.

Cara Penyimpanan Sayuran Brokoli

Brokoli termasuk sayuran yang tidak tahan lama. Amat disayangkan bila sayuran super dan multikhasiat ini rusak sebelum dimakan. Agar lebih tahan lama, lakukan cara penyimpanan yang baik dan benar, yaitu disimpan di dalam kantong plastik, lalu dimasukkan ke dalam lemari es. Jangan menyuci brokoli pada saat akan disimpan. Sayuran memang selayaknya dimakan sesegera mungkin untuk tetap mempertahankan kesegaran dan nutrisinya.

Wah, melihat begitu kayanya kandungan gizi dan khasiat sayuran ini, sudah sepatutnya kita memasukkan brokoli ke dalam daftar menu makanan kita sehari-hari. Semoga informasi yang kami sajiakan manfaat brokoli bagi kesehatan wanita bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung.

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *