Home >> Manfaat Buah Kersen

Manfaat Buah Kersen

Monday, August 15th, 2016 | admin_alfianherbal | Uncategorized

Selamat datang di salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi produk green world. Produk green world merupakan pusat penjualan obat herbal sevcara online yang terpercaya tersebar luas di penjuru tanah air. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar kesehatan yang meliputi manfaat buah kersen. Siapa yang tak kenal buah yang bentuknya mungil yang bisa didapatkan dimana saja? Tentunya setiap orang mengetahuinya. Tapi sedikit orang mengetahui manfaat buah kersen bagi kesehatan. Nah, sekarang kami akan membahasnya, simak uraian di bawah ini.

Kersen atau talok adalah sejenis pohon sekalisgus buahnya yang kecil dan manis berwarna merah cerah. Dibeberapa daerah memiliki nama yang berbeda-beda, ada yang menyebutnya buah seri, buah ceri, baleci, talok, dan masih banyak lagi. Buah ini ukurannya sangat kecil,namun memiliki rasa yang khas manis, dan tekstur bagian dalam berpasir. Buah yang masak biasanya berwarna kuning atau merah ditandai dengan tekstur buahnya yang lembut saat di pencet. Kita bisa menemukan buah ini di pinggir jalan atau di pekarangan rumah karena pohon ini biasanya dijadikan sebagai pohon peneduh.

Kandungan Gizi Manfaat Buah Kersen

Lalu apa manfaat buah kersen untuk kesehatan? Menurut penelitian, dalam 100 gram buah kersen terkandung zat-zat diantaranya air seberat 77,8 gram, protein seberat 0,384 gram, lemak seberat 1,56 gram, karbohidrat seberat 17,9 gram, serat seberat 4,6 gram, abu seberat 1,14 gram, fosfor seberat 84 mg, kalsium seberat 124,6 mg, besi seberat 1,18 mg, karoten seberat 0,019 gram, ribofalin seberat 0,037g, niacin seberat 0,554 g, tianin seberat 0,065 gram dan kandungan vitamin C 80,5 mg dengan nilai energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram.

Sedangkan kandungan gizi buah kersen yang kaya manfaat yang terkandung didalamnya dalam setiap 100 gram kersen yang dapat diolah tubuh memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Air seberat 76,3 gram
  • Protein seberat 2,1 gram
  • Lemak seberat 2,3 gram
  • Karbohidrat seberat 17,9 gram
  • Abu seberat 1,4 gram
  • Kalsium seberat 125 miligram
  • Fosfor seberat 94 miligram
  • Vitamin A seberat 0,015 miligram
  • Vitamin C seberat 90 miligram
  • Dengan nilai energinya sebesar 380 kJ/100 g

Dengan kandungan gizi buah kersen yang kaya manfaat tersebut, tidak heran buah kersen juga dapat mengatasi berbagai penyakit diantaranya bisa mengobati asam urat, menyembuhkan diabetes, meredakan gejala flu, mengatasi kaku atau kejang di bagian saluran pencernaan akibat gastritis dan diare, menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidakĀ  mudah sakit, menurunkan kadar kolesterolbdalam darah, dan meredakan sakit kepala.

manfaat buah kersen
Kandungan air yang terdapat pada buah kersen dapat mengembalikan kelembaban alami kulit sehingga kulit akan terus terlihat segar. Selain itu juga bisa membantu mencegah dan menyembuhkan batuk. Buah kersen tak hanya bermanfaat di bagian buahnya saja. Daunnya juga tak kalah berkhasiatnya dengan buah kersen karena dapat diolah menjadi teh yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Inilah Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan

Apa saja kira-kira manfaat buah kersen bagi kesehatan ? Berikut ini kami sajikan beberapa manfaat uah kersen bagi kesehatan yang perlu kita ketahui:

– Antibakteri

Sifat antibakteri buah kersen ini sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Dengan demikian tubuh kita menjadi lebih kuat dari serangan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit tertentu. Para peneliti menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat pada buah kerse.

– Antioksidan

Selain anti bakteri buah kersen juga mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Antioksidan bertugan untuk menguatkan sistem imun tubuh dan melawan radikal bebas yang dapata menyebabkan kanker.

– Anti Tumor

Daun kersen juga dilaporkan memiliki efek anti-tumor. Kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker

– Antiseptik

Rebusan daun kersen dapat membunuh mikroba atau bisa digunakan sebagai antiseptik. Daun kersen terbukti bisa membunuh bakteri, termasuk: C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil. Sifat anti-bakteri itu berasal dari senyawa yang terkandung dalam daun kersen, seperti tanin, flavonoid dan saponin.

– Anti-inflamasi

Rebusan daun kersen juga memiliki sifat anti-inflamasi (anti-peradangan) dan juga dapat menurunkan demam.

– Melindungi jantung

Ekstrak daun kersen juga diketahui dapat melindungi miokardium yang berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium.

– Kram perut

Bunga kersen dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik dan untuk mengobati kram perut. Anda hanya perlu merebus buang kersen dan meminum airnya.

– Mengobati asam urat

Di Indonesia, buah kersen sering digunakan untuk mengobati asam urat. Buah kersen juga terbukti dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat.

– Anti-kanker

Salah satu studi menemukan adanya sifat anti-kanker pada pohon kersen, dengan ditemukannya flavonoid sitotoksik baru pada akar kersen.

Selain, 9 manfaat di atas, buah kersen juga dapat mengatasi berbagai penyakit, seperti:

  1. Mengobati asam urat
  2. Menyembuhkan diabetes
  3. Meredakan gejala flu
  4. Mengatasi kejang atau kaku di bagian saluran pencernaan akibat gastritis dan diare
  5. Menurunkan tekanan darah tinggi
  6. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  7. Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidakĀ  mudah sakit
  8. Meredakan sakit kepala
  9. Kandungan air pada buah kersen dapat mengembalikan kelembaban alami kulit sehingga kulit akan terus terlihat segar
  10. Mencegah dan menyembuhkan batuk

Nah, itulah beberapa manfaat buah kersen yang kami sajikan untuk anda. Semoga bermnafaat bagi para pembaca. Ternyata banyak sekali manfaat dari buah kersen yang belum kita ketahui. Terimakasih atas kunjungannya.

Manfaat buah kersen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *