Home >> Manfaat Kecombrang Bagi Kesehatan

Manfaat Kecombrang Bagi Kesehatan

Thursday, August 18th, 2016 | admin_alfianherbal | Uncategorized

Informasi mengenai manfaat kecombrang bagi kesehatan yang harus anda ketahui.

Selamat datang di salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi penjualan obat herbal secara online yang terpercaya dan tersebar luas di seluruh penjuru tanah air. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi manfaat kecombrang bagi kesehatan. Kecombarng sedik yang tahu dengan nama itu, orang sering menyebutnya dauh honje. ternyata banyak sekali manfaat dari kecombrang bagi kesehatan simak ulasan berikut ini:

Tanaman Obat kecombrang merupakan kerabat dekat dari honje hutan dikarenakan kecombrang sering disebut juga dengan nama honje. Nama lain juga disebut dengan kantan dan mempunyai panggilan latin atau ilmiah Etlingera elatior. Oleh sebab itu, klasifikasi dari kecombrang tergolong dalam Kerajaan Plantae, divisi magnoliophyta. Kecombrang masih termasuk dalam keluarga Zingiberaceae yang merupakan suku temu-temuan atau rimpang-rimpangan. Kecombrang yang merupakan tumbuhan terna tahunan, kebanyakan dari anggota tanaman dimanfaatka oleh masyarakat sekitar sebagai sayur atau bahan pangan yang mempunyai nilai gizi yang cukup baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

manfaat kecombrang bagi kesehatan

Manfaat kecombrang bagi kesehatan – Ciri dari tanaman Obat Kecombrang sungguh tidak muluk-muluk. Jika anda mengetahui Lengkuas dan Jahe, seperti itulah tanaman kecombrang. Bunganya berwarna merah berbentuk gasung dan buahnya bongkol. Sangat cantik sehingga sering juga dijadikan salah satu tanaman hias yang ditanam dihalaman rumah. Pemanfaatan kecombrang sebagai bahan utama pembuatan sambal dan ayam goreng. rasanya sangat unik dikarenakan aroma yang didapat sangat unik dan mampu menambah selera makan. Contoh masakan lain yang memnggunakan kecombrang yaitu pecel, Bumbu ikan dan lain-lainnya

Kandungan Gizi Kecombrang

Nutrisi per 100 gram (3.5 oz)

Energi kj (0 kcl)

Karbohidrat 4.4 g

Serat pangat 1.2 g

Lemak 1.0 g

Protein 1.3 g

Air 91 g

Calcium 32 mg (3%)

Iron 4 mg (32%)

Magnesium 27 mg (7%)

Phosphorus 30 mg (4%)

Potassium 541 mg (12%)

Zinc 0.1 mg (1%)

Manfaat Kecombrang Bagi Kesehatan

Tidak hanya dikenal di dunia kuliner saja, ternyata kembang hoje berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Bunganya dikenal mampu menghilangkan bau badan, memperbanyak air susu ibu dan pembersih darah. Ini karena zat aktif yang terkandung di dalamnya, yaitu saponin, flavonida,dan polifenol. Karena itu kecombrang masuk ke dalam nominasi deodoran alami. Selain itu kecombrang juga kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Bahkan kandungan antioksidan di daunnya jauh lebih tinggi dibandingkan di bunga dan rimpangnya.

Maka inilah manfaat kecombrang bagi kesehatan, sebagai berikut:

– Menguatkan Tulang

Jika Sahabat Herbal memiliki anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, Sahabat Herbal bisa menyuguhkan kecombrang dengan memasaknya menjadi sayur. Dipercaya, bahwa daun kecombrang dapat membantu pertumbuhan tulang yang sehat karena kandungan kalsium dan mineral di dalamnya.

– Mengobati Luka

Sifat antimikroba pada bagian batangnya dipercaya efektif untuk mencegah infeksi pada luka. Caranya dengan memakan bagian daunnya yang sudah dicuci bersih, lalu taruh pada luka.

– Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi pada daunnya mampu mengatasi kekurangan darah atau anemia pada tubuh.

– Meningkatkan Kerja Otak

Daun kecombrang rupanya dapat membantu mempertajam ingatan, karena nutrisinya yang baik bagi otak.

– Cegah Dehidrasi

Kekurangan cairan bisa diatasi dengan mengonsumsi kecombrang, hal ini dipercaya karena bagian bunga dan daunnya memiliki kandungan air dan mineral.

Nah, itulah manfaat kecombrang bagi kesehatan yang kami sajikan untuk anda, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih atas kunjungannya.

Manfaat Kecombrang Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *