Home >> Tanaman Biduri Dapat Mengobati Berbagai Jenis Penyakit

Tanaman Biduri Dapat Mengobati Berbagai Jenis Penyakit

Monday, August 15th, 2016 | admin_alfianherbal | Uncategorized

Selamat datang disalah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan  distributor resmi produk green world. Green world merupakan pusat penjualan obat herbal yang teerpercaya tersebar luas di penjuru tanha air, serta terjamin khasiatnya dan terjaga keamanannya karena obat herbal green world sudah mendapatkan ijin resmi edar dari BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan). Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi tanaman biduri dapat mengobati berbagai jenis penyakit.

Tanaman biduri dapat mengobati berbagai jenis penyakit  – Biduri atau Widuri meruoakan tumbuhan perdu besar dan tegak, berumur menahun (perenial), tinggi – + 2 m. Berwarna coklat, biduri dapat diperbanyak dengan biji. Biduri banyak di temukan didaerah bermusim kemarau panjang, seperti padang rumput kering, lereng-lereng gunung yang rendah, dan pantai berpasir.

Jika salah satu bagian tumbuhan yang dilukai, akan mengeluarkan getah berwarna putih, encer, rasanya pahit dan kelat, lama kelamaan terasa manis, baunya menyengat dan beracun. Kulit batang biduri mengandung bahan serat yang dapat digunakan untuk membuat jala.

Kandungat Zat Tanaman Biduri

tanaman biduri dapat mengobati berbagai jenis penyakitDaun mengandung saponin, flavonoida, polifenol, tannin, dan kalsium oksalat.

Batang mengandung tannin, saponin, dan kalsium oksalat.

Getah mengandung racun jantung yang menyerupai digitalis.

Akar mengandung saponin, sapogenin, kalotropin, kalotoksin, uskarin, kalaktin, gigantin, dan harsa.

Tanaman Biduri Dapat Mengobati Berbagai Jenis Penyakit

Memang sudah dikenal sejak jaman dahulu khasiat dari tanaman biduri ini menjadi salah satu pengobatan alternatif untuk dunia pengobatan herbal. Bagian u=tumbuhan widuri yang digunakan ialah akar, getah, kulit batang, daun dan bungannya. Tidak hanya bisa dgunakan obat saja, melainkan juga bisa dijadikan tanaman hias dengan penampilan cukup menarik jika dibonsai sebab bungannya mempunyai warna yang tidak kalah indah dengan jenis bunga pada tanaman hias yang lain. Nah sekarang kami akan menyajikan tanaman biduri dapat mengobati berbagai jenis penyakit itu apa saja, seperti apa simak ulasan di bawah ini.

  • Mengobati Kudis

Lima gram daun widuri segar dicuci bersih, lalu ditambahkan ¼ sendok teh kapur. Tumbuk bahan sampai lumat dan oleskan ramuan tersebut ke bagian yang kudis.

  • Mengobati Trakoma

Trakoma ditandai dengan mata silau saat terkena cahaya dan sering mengeluarkan air mata serta mata memerah dengan rasa gatal dan perih. untuk mengobatinya dengan merebus 3/4 genggam daun biduri dengan 3 gelas air putih hingga mendidih dan hanya tersisa 3/4 nya lalu angkat. setelah dingin baru disaring dan diminum sekaligus. minum rutin 3 kali sehari.

  • Sebagai Obat Batuk

Ambil 200-600 mg serbuk akar widuri kering, lalu cuci bersih. Seduh bahan dengan air panas, saring, setelah dingin minum air rebusannya sekaligus.

  • Campak atau Gabag (morbili)

– Cuci bersih 15 g daun widuri segar, 10 g kunyit (cucuma longa L.), 15 g daun asam muda (tamarindus indica L.), 15 g pegagan (centella asiatica (L) urban).

– Rebus bahan dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 ½ gelas.

– Setelah dingin, saring air rebusan. Minum ramuan 2 kali sehari, masing-masing ¾ gelas, bersama 1 sendok makan madu.

  • Mengobati Sakit Gigi

Gunakan sekitar 3-4 tetes getah widuri untuk melepas gigi atau geraham yang busuk. Hati-hati jangan sampai kena gigi yang sehat.

  • Mengatasi Kutil

Getah widuri secukupnya ditambah sedikit kapur sirih dioleskan pada kutil. Lakukan pengobatan ini secara rutin sampai kutilnya benar-benar hilang dan sembuh.

  • Kejang jantung (angina pectoris)

¾ jari kulit widuri, 15 gram daun sembung (Blumea balsamifera DC.), daun dewa (Gynura segetum [Lour] Merr.) dan daun kacapiring (Gardenia augusta Merr.) masing-masing 25 gram dan gula enau (Arenga pinnata Merr.) secukupnya, dicuci dan dipotong-potong seperlunya lalu direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 450 cc, setelah dingin disaring lalu diminum untuk 3 kali sehari, setiap kali 150 cc.

  • Radang lambung (gastritis)

20 gram bunga widuri dan 50 gram daun lidah buaya (Aloe vera L.) yang telah dikupas kulitnya, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, setelah dingin disaring lalu diminum untuk 2 kali sehari, setiap kali 150 cc.

  • Mengobati Trakoma

Trakoma ditandai dengan mata silau saat terkena cahaya dan sering mengeluarkan air mata serta mata memerah dengan rasa gatal dan perih. untuk mengobatinya dengan merebus 3/4 genggam daun biduri dengan 3 gelas air putih hingga mendidih dan hanya tersisa 3/4 nya lalu angkat. setelah dingin baru disaring dan diminum sekaligus. minum rutin 3 kali sehari.

Itulah beberapa manfaat tanaman biduri dapat mengobati berbagai jenis penyakit, sekarang sudah tahu tentang tanaman biduri, jadi bagi anda penderita penyakit seperti diatas sebaiknya mengkonsumsi tanaman biduri secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga artikel yang kami sajikan bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasi atas kunjungannya.

Tanaman Biduri Dapat Mengobati Berbagai Jenis Penyakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *