Home >> Tips Mengatasi Bayi Sungsang

Tips Mengatasi Bayi Sungsang

Wednesday, August 10th, 2016 | admin_alfianherbal | Uncategorized

Selamat datang di salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan distributor resmi produk green world. Green world merupakan pusat penjualan produk obat herbal yang terpecaya terjami khasiatnya serta tersebar luas di seluruh penjuru tanah air dan di 20 negara dunia. Kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi yang mengenai seputar kesehatan meliputi tips mengatasi bayi sungsang.

Setiap ibu hami pasti ingin buah hati dalam kandungannya sehat dan mengharapkan lancar pada saat proses persalinan kelak. Akan tetapi 3-4% ibu hamil di dunia ternyata akan mengalami sebuah kondisi kehamilan yang berbeda. Pada usia kehamilan 32 minggu, bayi dalam kandungan mereka tak kunjung menempati posisi yang benar. Kepalanya masih menghadap ke atas, sedang kaki atau ari-arinya menutupi jalan lahir. Kondisi yang dikenal dengan istilah bayi sungsang ini tak pelak sering membuat para ibu yang mengalaminya ketar-ketir. Bayangan akan persalinan caesar semakin membuat mereka lemah tak berdaya.

tips mengatasi bayi sungsang

Bayi Sungsang adalah kondisi janin yang siap dilahirkan tidak berada pada posisi yang seharusnya, yaitu dengan posisi kepala masuk ke rongga panggul dengan kaki diatas. Hal ini memang sering terjadi pada Ibu Hamil, yang dikarenakan sampai kehamilan 28 minggu, janin biasanya masih bebas bergerak sesukanya. Berat badan janin yang masih lebih ringan dibandingkan rahim, akan mempermudah pergerakan janin di dalam kandungan. Dan ketika usia kehamilan mencapai 34-36 minggu, bayi seharusnya sudah dalam posisi siap untuk dilahirkan. Namun, Bayi sungsang biasanya berada pada posisi, bukan kepala yang rongga panggul ibu namun bukan kaki atau bokong.

Posisi janin sungsang bisa diketahui dengan USG yang dilakukan Dokter atau Bidan. Adapun jenis posisi bayi sungsang terbagi menjadi tiga yang diantaranya, adalah:

  • Complete breech (sungsang Janin sempurna), posisi bokong janin berada di atas mulut rahim, kedua kaki terlipat sempurna, menghadap ke atas dan sejajar dengan telinga. Dilihat secara sekilas, posisi janin seperti posisi jongkok.
  • Frank breech, adalah janin sungsang dengan posisi bokong berada di bawah, kedua tungkai terangkat ke atas dan hampir menyentuh telinga, sejajar dengan bahu atau kepala. 65-70% dari seluruh bayi sungsang mengalami posisi Frank breech ini.
  • Incomplete breech (sungsang Janin tidak sempurna), adalah kondisi ketika satu kaki janin berada di atas sedangkan kaki lainnya berada di bawah.

Penyebab bayi sungsang

Bayi sungsang dapat disebabkan sedikitnya oleh 3 hal yaitu:

– Penyebab pertama yang dapat menimbulkan bayi sungsang adalah ukuran janin yang lebi kecil dari ruangan rahim ibu. Ketidak sesuaian ini menyebabkan janin akan mudah dan dengan bebas berputar dalam rahim ibu. Jika kondisi ini terjadi pada trimester atau pada usia kehamilan 7-9 bulan, maka besar kemungkinan jani ada dalam posisi sungsang.

– Penyebab kedua yang dapat menimbulkan bayi sungsang adalah rahim ibu yang tidak normal. Yang termasuk dengan tidak normal meliputi air ketuban yang terlalu banyak, adaya tumor atau mioma di dalam rahim, bayi sungsang dan terlilit tali pusa, posis plasenta yang terdapat di bawah sehingga menutupi jalan lahir, kepala bayi terlalu besar atau karena multiparitas.

– Penyebab ketiga yang dapat menimbulkan bayi sungsang adalah bayi kembar. Kehamilan dengan bayi kembar memiliki resiko sungsang yang semakin besar pada salah satu janinnya. Hal ini disebabkan oleh janin yang berputar kepala kebawah lebih dulu akan membuat rongga punggul ibu semakit sulit di lalui janin kembarnya, sehingga posis kembarannya sulit untuk berputar.

Tips Mengatasi Bayi Sungsang

Sungsang dapat terjadi karena bayi kesulitan untuk memutar tubuhnya di dalam perut ibu. Ada beberapa faktor yang menyebabkan ia mengalami kesulitan tersebut. Namun yang jelas, jika Anda ingin bayi dapat terstimulasi untuk mau berputar dan menempati posisi seharusnya cobalah beberapa tips mengatasi bayi sungsang pada usia kehamilan 6, 7, 8, dan bahkan 9 bulan berikut ini.

1. Relaksasi Hypnobrithing

Teknik hypnobrithing sudah dikenal luas dalam dunia kedokteran kita sebagai salah satu cara mengatasi bayi sungsang yang cukup efektif. Anda bisa melakukan teknik ini dengan cara mengajak bayi anda bicara dan memintanya untuk beralis ke posisi normal sembari anda memvisualisasikan gerakan perputaran tubuh bayi. Jangan pernah menganggap sepele teknik ini sebelum anda mencobanya. Lakukan minimal 2 kali sehari dan lihat perubahannya.

2. Olahraga dan Senam Hamil

Olahraga dan gerakan senam hamil khusu untuk bayi sungsang memiliki perasn besar dalam mengatasi bayi yang taka mau berputar menempati posisi normalnya. Jenis olahraga yang dianjurkan dalam hal ini misalnya berenang bisa membuat tubuh serta panggul ibu menjadi lebih longgar dan santai sehingga memungkinkan bayi untuk mau bergerak dan menghindari posis sungsang. Senada dengan gerakan renang, beberapa gerakan yoga dalam senam hamil, seperti gerakan headstand, knee chest, dan gerakan merangkak juga terbukti bisa membantu mengatasi bayi sungsang. Untuk mengetahui cara melakukan gerakan tersebut, Anda dapat berkunjung ke artikel ini.

3. Stimulasi Suara dan Cahaya

Lingkungan hidup bayi di dalam rahim sangat gelap dan sunyi. Menyadari bahwa pada usia 32 minggu indra penglihatan dan pendengarannya samar-samar mulai terbentuk, Anda juga bisa menstimulasi pergerakannya ke posisi normal dengan bantuan suara dan cahaya. Stimulasi dengan bantuan suara dapat dilakukan dengan menyetel lagu klasik dan meletakan earphone tepat di bagian bawah perut di dekat tulang kemaluan selama 10 menit sebanyak 6 kali sehari. Sedangkan stimulasi menggunakan bantuan cahaya dapat dilakukan dengan menyinari perut Anda menggunakan cahaya lampu senter. Gerakan senter secara perlahan, turun dari puncak rahim ke arah tulang kemaluan secara berulang-ulang.

4. Pijatan Ringan

Cara mengatasi bayi sungsang agar lahir normal satu ini terbilang sudah cukup terkenal. Ya, melalui pijatan ringan di area sekitar rahim, bayi sungsang memang dapat terstimulasi untuk mau bergerak ke posisi normalnya. Anda bisa melakukan pijatan mulai dengan meletakan tangan kanan di bawah rahim dan tangan kiri di atas rahim. Gerakan keduanya searah jarum jam dan lakukan secara berulang-ulang selama 10 menit setiap harinya. Agar pijatan bisa dilakukan lebih mudah, jangan lupa gunakan minyak zaitun atau lotion yang aman untuk ibu hamil untuk melicinkan perut Anda.

5. Accupresure

Mengatasi bayi sungsang juga dapat dilakukan dengan metode accupresure atau menekan titik tertentu di bagian tubuh ibu. Teknik ini telah dilakukan sejak 3.000 tahun di China dan memiliki tingkat keberhasilan hingga 88% dalam mengembalikan posisi bayi sungsang ke posisi normalnya. Adapun untuk melakukan teknik ini Anda cukup menekan titik akupresur yang terletak di sisi luar kuku kelingking kaki Anda selama 30 menit. Dengan melakukannya rutin setiap hari, kepala bayi secara perlahan akan terstimulasi untuk bergerak turun mendekati jalan lahir.

6. Stimulasi Jus Jeruk

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford, Inggris menemukan bahwa ketika ibu mengkonsumsi minuman dengan kadar gula tinggi, secara reflek bayi akan terstimulasi untuk bergerak ke posisi tertentu. Hasil penelitian ini juga menjadi dasar teori bahwa mengkonsumsi segelas jus jeruk saat pagi hari dengan posisi berbaring ke sisi kiri dapat membantu mengatasi bayi sungsang. Bayi akan terstimulasi untuk bergerak ke posisi yang seharusnya.

7. Stimulasi Kantong Es

Teknik stimulasi kantong es atau Pelvic Tilt adalah salah satu cara mengatasi bayi sungsang yang cukup dikenal oleh ibu hamil di Eropa dan USA. Teknik ini dilakukan dengan meletakan kantong es selama 10 menit di bagian atas perut ibu hamil yang masih belum terisi makanan apapun. Teknik ini dilakukan sambil berbaring  dan pantat ibu di sangga menggunakan 3 bantal besar.

Demikianlah pembahasan mengenai seputar kesehatan yang meliputi tips mengatasi bayi sungsang, semoga menjadi bahan referensi bagi anda, para ibu hamil yang sedang menantikan kehadiran calon buah hati anda, dan semoga semua terhindari dari kelahiran bayi sungsang, semoga bermanfaat. tTerimakasih sudah bekunjung ke website resmi kami.

Tips Mengatasi Bayi Sungsang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *