Home >> Tips Merawat Anak Terkena Cacar Air

Tips Merawat Anak Terkena Cacar Air

Saturday, September 3rd, 2016 | admin_alfianherbal | Uncategorized

Tips merawat anak terkena cacar air yang aman dan mudah.

Selamat datang di salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan distributor resmi pusat penjualan obat herbal produk green world terpercaya dan tersebar luas di penjuru tanah air. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi tips merawat anak terkena cacar air.

Penyakit cacar air, secara medis disebut varisela, umumnya diderita oleh anak-anak yang dibawah umur 10 tahun dan lebih jarang menyerang orang dewasa. Hampir semua orang dewasa yang terkena cacar air tidak akan terulang kembali. Penyakit yang disebabkan oleh virus varisela zoster ini umumnya di tandai dengan adanya ruam warna kulit yang menjadi gejala utama cacar air. Ruam tersebut akan berubah menjadi bintil merah berisi cairan yang terasa gatal kemudian akan mengering, menjadi koreng, dan terkelupas dalam waktu 7-14 hari. Bagian-bagian tubuh yang biasa di bintili cacar air adalah wajah, belakang telinga, kulit kepala, lengan dan kaki.

Adapun gejala yang biasanya terjadi pada anak anda yang akan terkena cacar yaitu flu ringan, demam, sakit kepala, mual, sakit dan nyeri, kehilangan nafsu makan. Beberapa hari kemudian ruam cacar akan muncul. Dimulai dengan bintik-bintik merah kecil yang berkembang. Bintik-bintik merah akan muncul terlebih dahulu di wajah anak anda. Bintik-bintik akan menyebar ke dada dan perut, dan kemudian ke bagian tubuh lainnya. Perkembangan bintik-bintik mungkin akan muncul pada kulit kepala, tenggorokan dan sekitar alat kelaminnya.

tips merawat anak terkena cacar air

Hal yang bisa anda lakukan adalah dengan membawanya ke dokter untuk menentukan jenis cacar yang dialami oleh anak anda. Cacar air bisa lebih berbahaya dan dapat menyebabkan komplikasi pada anak usia muda sehingga dengan konsultasi pada dokter akan membantu anda dalam pengobatan cacar air. Cacar air disebabkan oleh virus, sehingga tidak akan merespon terhadap antibiotik. Ini akan hilang dengan sendirinya, tapi Anda dapat membantu untuk meredakan gejala bayi Anda dengan beberapa perawatan di rumah.

Tips Merawat Anak Terkena Cacar Air

1. Anda dapat memberikan anak Anda parasetamol untuk menurunkan suhu dan meredakan sakit dan nyeri, asalkan anak anda berada diusia lebih dari dua bulan. Anda dapat bertanya tentang dosis yang dianjurkan oleh dokter atau apoteker. Bagi anak anda yang alergi terhadap parasetamol maka pemberian ibuprofen dapat diberikan tentunya dengan dosis dan usia anak yang sesuai. Pemberian ibuprofen pada usia bayi yang masih muda dikhawatirkan akan mengganggu kesehatannya.

2. Berikan Anak Anda banyak cairan untuk mencegah anak dari keadaan dehidrasi. Pemberian Asi bagi bayi yang masih menyusui sangat dibutuhkan untuk menjaga asupan nutrisi dan kekebalan tubuhnya.

3. Untuk menenangkan bintik gatal pada bayi anda, Anda dapat menggunakan lation kalamin. Jika anak anda berusia lebih dari satu tahun dan gatal-gatal yang sangat mengganggu di malah hari, dokter mungkin mresepkan antihistamin chlorphenamine. Ini juga memilik efek menenangkan yang dapat membantu anak anda tidur lebih mudah.

4. Jaga kuku anak anda untuk tetap pendek jika dia terus menggaruk bagian gatalnya. Ini akan membantu untuk mencegah bintik-bintik dari infeksi.

5. Gunakan pakaian yang longgar, pakaian katun menjadi pilihan tepat untuk anak anda dalam mengurangi gatal dan terhindar dari keringat.

6. Anda dapat menyediakan sabun anti septik untuk digunakan anak anda ketika mandi untuk mengurangi gatalnya

7. Segera periksakan kembali ke dokter apabila anak anda mengalami bintil yang terinfeksi dengan kuman biasanya berwarna merah, mengalami bengkak dan juga terdapat nanah atau anak anda mengalami demam yang sangat tinggi, sakit kepala, muntah dan gatal yang tidak hilang hilang

pencegahan cacar air

  • Cacar air dapat dicegah dengan proses vaksinasi. Di Indonesia sendiri, cacar air tidak termasuk daftar imunisasi wajib untuk anak, tapi tetap dianjurkan.
  • Penularan cacar air juga umumnya sangat mudah dan cepat terjadi. Langkah pencegahan penyebaran pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengisolasi penderita cacar air dari tempat-tempat umum seperti sekolah atau kantor sampai bintil-bintil mengering dan menjadi koreng.
  • Virus cacar air paling mudah menular pada 1-2 hari sebelum ruam muncul hingga seminggu ke depan, ketika bintil-bintil telah mengering dan menjadi koreng.

Tips Merawat Anak Terkena Cacar Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *